Notification

×

Indeks Berita

Tag Terpopuler

"Kita Kawal Pemilu 2024" Pj Gubernur Sumut Ajak Media dan Penggiat Medsos Profesionalisme dalam Menyajikan Informasi

Sabtu, 27 Januari 2024 | 20.39 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-27T13:39:46Z


Medan, MarmataNews.id – Sukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Pejabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin mengajak para Media dan penggiat Media Sosial (Medsos) "Kita Kawal Pemilu 2024". Ajakan itu disampaikan nya saat acara Dialog yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut di Lantai 2 Aula Rajainal Siregar Jalan Diponegoro No, 3 Medan. Jum'at, (26/01/2024 )


Dalam sambutannya, Hassanudin menekankan pentingnya media untuk memberikan liputan yang berimbang dan objektif. Kedua, media diharapkan memegang teguh integritas dan profesionalisme dalam menyajikan informasi. "Jadilah agen perubahan yang mendukung proses demokrasi dan hindari sensasionalisme yang dapat menimbulkan konflik dan ketegangan," ungkap Hassanudin sebagai keynote speaker.

Pj Hassanudin juga menekankan pentingnya peran media dan penggiat sosial dalam menyukseskan Pemilu 2024. Media diharapkan mampu menyajikan informasi yang akurat dan terverifikasi, untuk memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat selama Pemilu.

"Untuk menyoroti momentum Pemilu harus memiliki potensi untuk memperkuat pondasi kebangsaan Indonesia menuju negara maju. Suksesnya Pemilu diharapkan menghasilkan pemimpin berkualitas yang mampu membawa kemajuan. Sebaliknya, jika Pemilu tidak dikelola dengan baik, risiko renggangnya persatuan dan kesatuan masyarakat bisa terjadi." ucapnya.

Hassanudin menjelaskan, peningkatan partisipasi masyarakat pada Pemilu juga menjadi harapan kita. Dimana, angka partisipasi pemilih di Sumut pada tahun 2019 sebesar 79,91%, dan diharapkan dapat meningkat pada Pemilu 2024.

Sementara, Pengamat Politik, Arifin Saleh menyoroti peningkatan konten hoaks selama kampanye Pemilu. Dampak negatif hoaks, seperti mengaburkan realitas, membingungkan masyarakat dan memicu konflik sosial dan ini sangat menjadi perhatian kita. "Maka oleh itu, mari kita mengajak semua pihak, termasuk media, instansi pemerintahan, ormas, dan LSM, untuk berperan aktif dalam mendorong pendidikan digital dan politik." ajak Arifin. 

Begitu juga disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut, Ilyas Sitorus, Ia menekankan pentingnya peran media dan penggiat sosial dalam menciptakan Pemilu yang damai. "Semoga Dialog antara media, penggiat sosial, dan Pemprov Sumut diharapkan dapat mendukung terciptanya Pemilu 2024 yang kondusif dan damai." harap Ilyas.

Acara Dialog ini dihadiri oleh Pj Gubernur Sumut Hassanudin, Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, OPD Pemprov Sumut, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, dan perwakilan unsur Forkopimda Sumut dan Media serta penggiat Media Sosial.(M/N)
×
Berita Terbaru Update