Notification

×

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara Sukseskan Kegiatan "Penyuluhan Hukum Serentak"

Jumat, 20 September 2024 | 15.21 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-20T08:21:09Z


Medan, MarmataNews.id - Dalam rangka menyukseskan kegiatan "Penyuluhan Hukum Serentak dengan tema Tingkatkan Kesadaran dan Kepatuhan Hukum, Hindari Perundungan di Pendidikan Tinggi Kedokteran dan Pendidikan Tinggi Lainnya", Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara menggelar penyuluhan hukum  untuk mahasiswa dari perguruan tinggi HKBP Nommensen Medan. Jumat (20/9/2024).


Sebagai pembuka, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Sumut, Alex Cosmas Pinem menjelaskan bahwa kegiatan penyuluhan hukum secara serentak merupakan kegiatan dari Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) selaku instansi pusat untuk menyikapi maraknya tindak perundungan yang terjadi di kalangan mahasiswa akhir-akhir ini di Indonesia.


"Perundungan merupakan tidakan yang tidak terpuji. Dampak yang terjadi dari adanya perundungan dapat mempengaruhi masa depan dari setiap korban perundungan dan maka dari itu kita harus memahami dampak serta cara untuk mengatasinya," demikian jelas Alex Cosmas Pinem.


Sementara itu, Penyuluh Hukum Ahli Pertama, Davin Hansel Pasaribu selaku narasumber, juga mengimbau agar para mahasiswa tidak segan atau malu untuk menceritakan permasalahan yang mereka alami kepada orang tua maupun kepada dosen dan orang terdekat di kampus. Karena sering terjadi, kasus-kasus perundungan terhadap mahasiswa tidak terungkap akibat kurangnya informasi yang didapatkan oleh pihak sekolah atau keluarga.


Sebanyak 40 (empat puluh) orang mahasiswa yang hadir dalam kegiatan ini terlihat antusias dan mengajukan beberapa pertanyaan. Pendekatan komunikatif yang digunakan dalam penyuluhan hukum ini membangun dialog interaktif yang terjalin dengan akrab. Beberapa pelajar yang berperan aktif juga mendapatkan hadiah sebagai bentuk apresiasi dalam kegiatan ini.(Rel)

×
Berita Terbaru Update