Notification

×

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Robby Barus : Kepling Jangan Ikut Campur Penunjukan KPPS dan Harus Netral

Rabu, 25 September 2024 | 22.58 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-25T16:16:25Z


Medan, MarmataNews.id - Dengan adanya rumor di kecamatan Medan Area dugaan oknum-oknum Kepala Lingkungan (Kepling) memaksakan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk menempatkan orang-orangnya menjadi Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024, terkhusus Kota Medan Sumut.


Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Medan yang juga Anggota DPRD Kota Medan terpilih Priode 2024- 2029 ini angkat bicara. "Jangan ada oknum Kepling didaerah Kecamatan Medan Area yang memaksakan keluarga PPS untuk dijadikan Anggota KPPS hanya untuk kepentingan di pemilihan Paslon Walikota dan Wakil Pilkada 2024 ini." ucap Robby Barus melalui pesan WA, Rabu (25/09/2024).

Mantan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Medan meminta kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Medan Area harus bertindak tegas terhadap oknum-oknum Kepling yang diduga sudah menyalahi tupoksi kinerjanya, karena jika ini dibiarkan akan melanggar Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 Tentang Pemilihan Kepala daerah.

"Pemilihan KPPS adalah merupakan wewenang dari PPS tingkat Kelurahan, bukan wewenang Kepala Lingkungan. Jika ada intimidasi, PPK harus bertindak secara cepat" terangnya. 

Robby juga menjelaskan bahwa KPU Medan sudah menyampaikan tahapan- tahapan Pilkada 2024, sebagai berikut: KPU kota Medan akan melakukan rekrutmen kelompok panitia pemungutan suara (KPPS), pengumuman dan penerimaan pendaftaran di mulai tgl 17 September 2024 hingga 28 September 2024, akan di lakukan penelitian administrasi calon anggota KPPS, Pelantikan KPPS akan dilaksanakan tgl 7 November 2024, dan masa kerja anggota KPPS dari tgl 7 November 2024 hingga 8 Desember 2024 serta adapun tempat pendaftaran untuk mengetahui syarat-syarat anggota KPPS  berada di kantor lurah setempat. 

Menggapi hal itu, Intan Ketua PPK Kecamatan Medan Area mengatakan, bahwasanya penerimaan untuk KPPS tetap pada PPS bukan ada unsur paksaan dan tekanan oleh Kepling. "Kami hanya menyarankan kepada PPS, supaya berkordinasi dengan Kepling untuk mendata masyarakat yang mau jadi anggota KPPS" jelasnya. 

Intan juga menghimbau, kepada para anggota PPS jika ada tekanan dan paksaan dari Kepling segera laporkan. Bila ada ditemukan yang direkomendasikan oknum-oknum Kepling dengan cara paksaan supaya dicoret.

"Kita sebagai panitia penyelenggara berharap supaya Pilkada sukses, jujur dan adil serta berjalan dengan lancar dan netral. Apalagi kita ketahui para Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan ini adalah merupakan putra terbaik untuk memajukan kota Medan ini" ungkapnya.(is)
×
Berita Terbaru Update